Sabtu, 17 Oktober 2009

Pekalongan Percontohan KIM Se-Indonesia


Pekalongan. Kelompok Interaktif Masyarakat (KIM) Kelurahan Kraton Kidul Kota Pekalongan ditunjuk sebagai salah satu KIM Percontohan Se-Indonesia bersama tiga daerah yang lain. Dengan demikian, KIM di Pekalongan menjadi wakil pemodelan KIM di Jawa Tengah pada khususnya dan Indonesia pada umumnya.

DI Indonesia sendiri terdapat 3.929 KIM yang tumbuh dan berkembang saat ini, dan KIM Kota Pekalongan salah satu yang tergolong maju. Demikian dikatakan Kasubdit Kelembagaan Komunikasi Sosial Depkominfo Gun Gun Siswadi ketika membuka sosialisasi dan pembinaan untuk 25 pengurus dan anggota KIM Kraton Kidul, Kota Pekalongan, Senin (23/6). Sosialisasi tersebut akan berlangsung selama tiga hari sampai dengan hari Rabu mendatang.

Pada kesempatan tersebut, Gun Gun menyatakan jika peranan KIM di tengah masyarakat sangat strategis, sehingga informasi dari pemerintah blsa sampai kepada masyarakat, sekaligus informasi dari masyarakat berupa penyampaian aspirasl dapat diterima dengan baik oleh pemerintah. ungkapnya.

Sementara itu, Ketua KIM Kraton Kidul Zainal Muhibbin menyatakan, bila pengembangan KIM di wilayahnya berupa tradisi gethok tular dan lesehan. Kedua tradisi tersebut dijadikan media informasi dan komunikasi yang efektif, efisien dan tepat sasaran di Iingkungan masyarakatnya. Karena itu, pihaknya memanfaatkan pertemuan di berbagai kelompok masyarakat seperti di poskamling, warung nasi dan bakso serta ruang publik lalnnya yang biasa dijadikan tempat ngobrol oleh masyarakat.

Hadir dalam sosialisasi tersebut dan menjadi narasumber, yakni Rahmiyati dan Nurlina Bangun dari Institut Ilmu Pemerintahan (IIP) Jakarta, serta wartawan media cetak dan elelctronik berkaitan dengan kepentingan pengembangan Informasi untuk masyarakat.

3 komentar:

  1. trims banyak postingnya, pada kesempatan yang lalu memang sudah pernah dengar dari pejabat kota Malang terkait hal model KIM percontohan. Nah kapan nih dikasih sharingnya.
    Sepertinya kunjungan ke kota Malang Selasa 11 juli 2012 masih menyisakan uneg-uneg.
    Monggo disharing lewat blog juga atau media lain yang lebih bisa diminati dan mudah dipahami,

    Armono Budist at monoari8@gmail.com
    ariorachmono@yahoo.com

    BalasHapus
  2. Mau belajar KIM ket4 ini harus menghubungi siapa ya...mohon info?

    BalasHapus
  3. Ibu Nurul , kabid di dinkominfo kota pekalongan... 085727905075

    BalasHapus